Semua Fraksi Di DPRD Takalar Sepakat Dorong Pilkades Serentak Tahun 2018

11 April 2018 23:23

Takalar,RADARSULSEL.COM – Rapat dengar pendapat yang dihadiri pengurus DPC APDESI, LSM dan semua komponen fraksi di DPRD Takalar,Rabu 11/04/2018  menghasilkan kesimpulan bahwa pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Takalar untuk gelombang kedua dilaksanakan tahun 2018 ini.

Hadir dalam rapat tersebut diantaranya Sulaeman Rate dari Fraksi PKS, Makmur Mustakim dari Fraksi PPP, Nawir Rahman dari Fraksi Partai Golkar, Amiruddin Mami dari Fraksi Gabungan, Hasbullah Bali dari Fraksi Demokrat serta beberapa anggota DPRD dari berbagai partai politik.

Ketua Fraksi Partai Golkar mengemukakan keinginan kuat dari fraksinya untuk mendorong terlaksananya pilkades serentak tahun ini “Fraksi Partai Golkar akan total memperjuangkan terlaksananya Pilkades serentak 45 desa untuk tahun ini, ini perintah Partai dan kami pasti jalankan itu” Tegas Nawir.

Sementara itu Fraksi PKS juga memberikan support penuh untuk perhelatan Pilkades serentak tahun 2018 ini “saya pernah bertemu pak bupati dan pada dasarnya beliau juga sepakat untuk itu cuma kendalanya dipersoalan ketidaksediaan anggaran pilkades tahun ini sehingga beliau mengatakan hal itu agak sulit dilakukan, tapi kami akan coba memikirkan jalan keluarnya. Kalau ada jalan kami juga dukung itu” Jelas Dg Laja sapaan akrabnya

Dalam pertemuan tersebut pengurus DPC APDESI yang hadir mennyampaikan permohonan kiranya Pemilihan Kepala Desa serentak untuk 45 desa tahun ini dapat dilaksanakan mengingat persoalan ini sangat urgen ” periode kami habis tahun ini, bahkan ada desa yang Penjabatnya sudah berganti-ganti dan sudah berlangsung hampir 2 tahun namun desa tersebut belum juga dijabat oleh kades defenitif. Ini sangat merisaukan, karena penjabat tidak memiliki beban moril yang besar di masyarakat karena mereka hanya ditunjuk dan bukan dipilih langsung” Ungkap Wawan yang juga Sekretaris KNPI Takalar.

Selain itu, Wawan yang juga mantan Ketua Umum PB.HIPERMATA ini mempertanyakan dana 480 juta untuk kegiatan Pilkades serentak yang dibahas pada saat pembahasan APBD 2018 “Kami tahu kalau anggaran itu dibahas dan disetujui oleh DPRD, mana itu?” Tanya Wawan

Menanggapi hal tersebut, Husniah Rahman menjelaskan bahwa pada saat pembahasan APBD kemarin di banggar dibahas dan disetujui hingga dikomisi dan diparipurnapun masih tetap ada anggaran pilkades serentak itu “Nanti dipenyelarasan baru hilang. Kalau mau buka-bukaan kami siap untuk itu tapi sebaiknya kita fokus saja cari solusinya. Intinya Fraksi demokrat akan total dan fokus perjuangkan hal ini” Jelas Husniah

Diakhir pertemuan, politisi PPP Makmur Mustakim menanyakan persetujuan semua fraksi yang hadir dan semua fraksi sepakat untuk mendorong terlaksananya pilkades serentak tahun ini. Makmur juga memberikan kesimpulan bahwa Pilkades serentak untuk tahun 2018 ini harus dilaksanakan karena ini menjadi hal urgen dan mendesak “Kami pastikan revisi perda pilkades akan selesai tahun ini dan ketersediaan anggaran untuk itu akan kami carikan solusinya bersama pemerintah daerah. Pimpinan DPRD dalam waktu dekat akan melakukan rapat pimpinan diperluas untuk menyatukan persepsi dan keputusan lembaga ini insha Allah akan berpihak kepada desa-desa yang ada di Takalar” Kunci Dg Lewa sapaan akrabnya (*)